Tuesday 11 August 2015

Disini saya akana menyampaikan sedikit tentang wireless ap dan wireless client ni, tolong simak sampai bawah ya 
Wireless Access Point


Wireless Access Point adalah adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel (wired network) menggunakan wifi, bluetooth dan sejenisnya. Wireless Access Point digunakan untuk membuat jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada (menggunakan mode bridge).

Access Point merupakan titik pusat jaringan wireless, alat ini memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data. Fungsi Wireless Access Point ini kira-kira sama dengan switch / hub dalam jaringan kabel yang memungkinkan banyak client terhubung ke jaringan.

Salah satu contoh penggunaan Wireless Access Point pada mode jaringan wireless infrastructure ini terlihat seperti pada gambar dibawah:



Access Point berfungsi :
sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan.
Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel,
Access point dapat memancarkan atau mengirim koneksi data / internet melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

Wireless Client
Wireless Client, merupakan client / device yang menerima sinyal / frekuensi yang dipancarkan dari wireless access point, seperti Wi-Fi, Bluetooth. Yang tentunya frekuensi dari pemancar dan yang menerima sama.

Maaf hanya ini yang saya bisa sampaikkan kurang lebihnya mohon dimaafkan, Terimakasih telah mau melihat Postiingan saya ini :)




3 comments: